Facebook Twitter Gplus RSS
 
 
Home » diet sehat » Diet Seimbang: Cara Sehat Menurunkan Berat Badan agar Langsing Alami

Diet Seimbang: Cara Sehat Menurunkan Berat Badan agar Langsing Alami

diet makanan seimbang 300x243 Diet Seimbang: Cara Sehat Menurunkan Berat Badan agar Langsing AlamiSetiap orang yang bermasalah dengan berat badan pasti sudah akrab dengan istilah diet. Tetapi, mengertikah Anda apa yang dimaksud dengan diet itu? Dan bagaimanakah diet yang benar itu? Baca artikel ini untuk penjelasan lebih lanjut dan temukan solusi menurunkan berat badanMenurunkan Berat Badan dengan Diet Kopi, Mau?. Read more ... » secara sehat dan mudah.

Pengertian diet sesungguhnya adalah “pengaturan pola makan” yang berarti mengatur pola makan kita untuk menjadi lebih sehat. Tetapi yang sering terjadi di masyarakat adalah, diet diartikan sebagai mengurangi porsi makan dan menahan lapar yang seringkali dipercaya akan menurunkan berat badan. Padahal pada kenyataannya, jika Anda mengurangi makan Anda hingga hanya 1 atau 2 kali sehari dengan porsi yang sangat kecil, memang berat badan Anda akan berkurang dalam jangka 1 -3 minggu, tetapi tahukah Anda apa yang sebenarnya terjadi di dalam tubuh Anda?

Jika Anda makan dalam jumlah yang sangat sedikit, tubuh Anda secara otomatis akan menerima tanda bahaya dan akan melindungi Anda dari bahaya kelaparan. Oleh karena itu, tubuh Anda akan membakar kalori lebih sedikit dan metabolisme tubuh akan melambat dari biasanya. Dan ketika Anda sudah menghentikan “diet“, maka Anda akan makan dan makan lebih banyak dari sebelumnya. Bukan karena Anda serakah atau rakus, tetapi karena tubuh Anda memerlukan makanan lebih banyak dalam rangka mengembalikan apa yang hilang sewaktu Anda “diet”. Oleh karena itu, yang terjadi adalah berat badan Anda memang turun pada saat diet, tetapi setelah Anda menghentikan diet Anda, berat badan Anda bertambah lagi bahkan lebih banyak dari sebelum Anda diet. Apakah anda pernah mengalami hal seperti ini?

Perlu juga Anda ketahui bahwa ketika Anda “diet ketat” dengan mengurangi makan secara berlebih dan menahan lapar, berat badan yang hilang dari tubuh Anda adalah 50% lemak dan 50% otot. Hal ini terjadi karena lemak merupakan cadangan makanan tubuh yang akan tetap disimpan oleh tubuh untuk bertahan hidup. Ketika tubuh kita kelaparan, tubuh kita dihadapkan pada pilihan untuk membakar lemak atau otot. Karena lemak merupakan cadangan energi yang paling utama untuk bertahan hidup, maka yang dibakar adalah otot dan kemudian lemak. Tetapi ketika Anda menghentikan diet dan memperoleh berat badan Anda kembali, yang Anda dapatkan adalah 100% lemak! Kemana otot Anda? Tentu saja hilang, dan harus diperoleh lagi dengan latihan yang keras. Oleh karena itu hal ini sangat merugikan kita. Terlebih lagi ketika Anda menghindari sarapan, tidak makan pagi lalu ditambah dengan olahraga pagi, yang membuat Anda yakin akan menurunkan berat badan Anda. Benarkah yang demikian? Jawabannya adalah BELUM TENTU.

Ketika Anda berolah raga tetapi tidak sarapan, tubuh Anda kelaparan. Sebagai konsekuensinya, Anda cenderung makan terlalu kenyang ketika waktu makan tiba. Untuk mengoptimalkan kesehatan, kita perlu sarapan untuk membagi jatah makan kita dalam sehari. Tetapi anda harus menghindari pola diet dengan makan 2-3 jam sebelum waktu tidur. Hal ini sudah jelas karena di saat kita tidur, tubuh kita tumbuh, berkembang, memperbaiki dan menyimpan tenaga. Metabolisme tubuh melambat ketika kita sedang tidur, dan makanan yang belum tercerna di dalam tubuh akan disimpan sebagai cadangan untuk kebutuhan di masa mendatang. Cadangan ini akan disimpan dalam bentuk lemak. Tentunya hal ini sangat tidak diinginkan. Jika Anda menghindari makan 2 – 3 jam sebelum tidur, Anda akan memberi tubuh Anda cukup waktu untuk mencerna makanan. Dengan begitu, ketika Anda tidur, Anda tidak akan menyimpan kalori yang bisa disimpan menjadi lemak.

Hal diatas membahas tentang kebiasaan diet yang salah. Tetapi tahukah Anda bahwa hanya dengan mengubah cara makan bisa mengurangi jumlah makanan berlebih yang seharusnya tidak Anda makan? Ya benar. Anda perlu makan dalam jumlah yang cukup, tidak kurang dan tidak lebih. Makan kurang atau berlebih membuat Anda gemuk. Tetapi bagaimanakah mengetahui jumlah makan yang cukup? Apakah jumlah yang cukup untuk Anda makan adalah porsi yang biasa Anda makan sehari-hari? Belum tentu demikian.

Mengetahui porsi makan yang tepat sangat penting dalam diet anda. Untuk mengetahui porsi makan Anda yang sesungguhnya, cobalah untuk makan secara perlahan. Maksudnya perlambat proses makan Anda. Jika biasanya mampu menghabiskan 1 porsi mie pangsit atau nasi goreng dalam waktu 5 menit buatlah menjadi 20 menit atau bahkan lebih jika Anda bisa.

Mengapa?

Tahukah Anda bahwa tubuh memerlukan waktu 20 menit untuk memberitahu otak kalau kita sudah kenyang? Dengan memperlambat makan, kita bisa mencegah kekenyangan atau makan berlebih, karena ada cukup waktu bagi otak untuk menerima informasi bahwa kita sudah kenyang. Ketika Anda memikirkan diet yang sehat, saya tahu apa yang ada dipikiran Anda. Pasti banyak dari Anda yang memikirkan makanan yang serba tidak enak, tidak berasa, tidak boleh digoreng, harus direbus, dan sebagainya.

Mari kita ubah persepsi Anda!

Saya tidak bilang Anda tidak boleh makan lemak atau nasi sama sekali dalam diet anda. Jika Anda tidak mengkonsumsi lemak, maka tubuh Anda akan sakit, karena lemak berfungsi untuk melarutkan vitamin A,D,E,K yang berguna bagi tubuh. Tetapi, lemak yang Anda konsumsi harus lemak yang sehat. Bagaimanakah lemak yang sehat itu? Gampang saja, lemak yang sehat adalah lemak tak jenuh tunggal dan lemak tak jenuh ganda, atau yang biasa disebut monounsaturated fat dan polyunsaturated fat.

Dari manakah kita mendapat lemak sehat untuk diet kita? Lemak yang sehat terdapat pada : extra virgin olive oil, hazelnut, almond, apokat, mente dan lain-lain. Jika Anda mengganti minyak goreng Anda dengan extra virgin olive oil (minyak zaitun murni), maka Anda memasak dengan minyak sehat. Khawatir rasanya akan berubah menjadi tidak enak? Tenang saja. Olive oil atau minyak zaitun sama persis dengan minyak goreng lain yang berbahan kelapa sawit, hanya jauh lebih sehat.

Berikut adalah beberapa tips diet yang bermanfaat bagi anda untuk membantu menurunkan berat badan Anda tanpa kelaparan.

- Jangan hindari sarapan dan makanlah setiap 3 – 4 jam sekali untuk menyeimbangkan kadar gula dalam darah
- Hindari makan 2-3 jam sebelum tidur
- Makanlah secara perlahan dan nikmati setiap suap makanan Anda
- Bergeraklah sesudah makan, jalan-jalan atau melakukan suatu kegiatan setelah makan menghindari makanan tersimpan menjadi lemak
- Makanlah makanan yang sehat, lemak yang sehat dalam jumlah yang cukup, tidak kurang dan tidak berlebih
- Makanlah makanan asli, bukan makanan olahan atau makanan kemasan.

Semoga tulisan tersebut bisa me-refresh persepsi dan pandangan anda mengenai diet. Sehingga anda bisa menurunkan berat badan anda untuk tampil langsing secara sehat dan tanpa kelaparan.

Biasakan Diet yang Sehat dan Seimbang; Tips Langsing
 

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Isian wajib ditandai *

Anda dapat memakai tag dan atribut HTML ini: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

© Cara Diet Sehat dan Seimbang
credit
You might also likeclose

SEO Powered By SEOPressor